Kamis, 17 November 2016

Sekilas ttg perkembangan surat di Dunia.

Jaman dahulu kala. Surat sdh dikenal sbg sbh sarana menyampaikan ungkapan dlm bentuk tulisan. Pengirimannya dilakukan dg bbrp cara yg sangat unik. Diantaranya mengirimkan dg cara melarungkan surat yg dimasukan kedlm sst yg bs mengapung di laut. Kemudian pegiriman dg menggunakan binatang (Khususnya merpati). Cara ini mjd sbh pengiriman surat yg sangat populer. Tentu saja akurasi atau ketepatan sampainya surat tsb, masih mjd pertanyaan. Karena pengiriman tsb bs saja tidak sampai, atau sampai kepada penerima yg tidak semestinya. Meski demikian, cara pengiriman tsb mjd awal sejarah yg sangat penting dlm perkembangan pengiriman surat. Berikutnya, sistem pengirimanposdi dunia dimulai diMesir sekitar tahun 2000 SM.


Di Mesir, di mana pertukaran kebudayaan dgBabiloniaterjadi, pembungkus surat atau amplop bs berupa kain, kulit binatang, atau bbrp bagian dari tumbuhan. (Wikipedia) Dewasa ini, ditengah perkembangan media elektronik, Surat dlm bentuk tulisan tangan di media kertas tetap mjd salah satu media yg sangat penting. sbg contoh surat izin orang tua, dlm setiap peneriamaan pekerjaan, surat lamaran selalu ada sbg salah satu syarat lamaran yg formal.

Baik di perusahaan swasta maupun instansi dlm pemerintahan. Surat (dlm kertas) adalah syarat yg sangat penting. Apa sih surat itu? Suratadalah saranakomunikasiuntuk menyampaikan informasi tertulis oleh suatu pihak kepada pihak lain. dlm sbh surat biasa berisi informasi yg selanjutnya bs mjd sbh data ontentik yg di syahkan secara hukum. Karena biasa di lengkapi dg waktu, tempat dan tanda tangan sbg bukti kebenaran surat tsb. Bahkan biasa ditambah dg materai. dg ini maka kekuatan hukum sbh surat tsb mjd semakin jelas.

Pada umumnya fungsi sbh surat yg berupa tulisan tsb mencakup lima hal yaitu: Surat sbg sarana peberitahuan yg berupa permintaan, buah pikiran atau gagasan. dlm hal ini surat merupakan sbh pemikiran yg diberikan kepada pihak lain. Surat sbg alat bukti tertulis. dlm hal ini, surat berfungsi sbg bukti otentik yg memuat informasi dan dilengkapi dengan data yg valid (memiliki identitas yg lengkap). Surat sbg alat pengingat. Dimana surat digunakan sbg lebaran memory atau data yg tersimpan. Surat sbg bukti historis.

Disini surat berfungsi sbg sbh bukti perjalanan dg jelas, karena penangalan dlm surat mjd salah satu point penting dlm pembuatannya. Surat sbg pedoman kerja. Terkadang surat memang berisi sbh tutorial pegerjaan sst, shg bs juga disebut sbg sbh pedoman kerja. Jenis-jenis surat. Secara umum jenis surat yg dilihat dari bentuk, isi dan bahasanya bs digolongkan mjd: surat pribadi, dinas dan niaga. Sedangkan jika di golongkan berdasarkan pemakaiannya, surat bs dibedakan mjd: surat pribadi, resmi dan surat dinas. Berikut adalah kriteria dari ke empat jenis surat yg disebutkan disebutkan diatas:

Pertama, Surat pribadi. Yaitu jenis surat yg digunakan untuk kepentingan pribadi. Surat dapat berupa korespondensi antara sesama teman atau keluarga. Ciri-ciri surat pribadi yg diantaranya adalah, tidak menggunakan kop surat. Tidak ada nomor surat. Salam pembuka dan penutup bervariasi. Penggunaan bahasa bebas, sesuai keinginan penulis. Format surat bebas. dg demikian, dapat di ketahui bahwa jenis surat ini berbentuk bebas sesuai dg kreatifitas pembuatnya, karena tidak ada aturan baku yg mengikat untuk bentuk surat pribadi. Kedua, surat resmi. Yaitu jenis surat yg digunakan untuk kepentingan resmi, baik perseorangan, instansi, maupun organisasi. misalnya undengan, surat edaran, dan surat pemberitahuan bahkan surat pengunduran diri. Ciri-ciri surat resmi yg membedakan dg surat pribadi antaa lain:

Menggunakan kop surat apabila dikeluarkan organisasi atau instansi. Ada nomor surat, lampiran, dan perihal. Menggunakan salam pembuka dan penutup yg lazim. Penggunaan ragam bahasa resmi. Menyertakan cap atau stempel dari lembaga resmi. Ada aturan format baku

Ketiga, Surat dinas. Yitu surat resmi yg digunakan untuk kepentingan pekerjaan formal seperti instansi dinas dan tugas kantor. Surat ini penting dlm pengelolaan administrasi dlm suatu instansi. Fungsi dari surat dinas yaitu sbg dokumen bukti tertulis, alat pengingat berkaitan fungsinya dg arsip, bukti sejarah atas perkembangan instansi, dan pedoman kerja dlm bentuk surat keputusan dan surat instruksi.

Keempat, Surat niaga. Aladah surat yg digunakan bagi badan yg menyelenggarakan kegiatan usaha niaga seperti industri dan usaha jasa. Surat ini sangat berguna dlm membangun hubungan dg pihak luar shg harus disusun dg baik. Surat niaga terdiri atas surat jual beli, kwintansi, dan perdagangan.Salah satu contoh dari surat niaga adalan surat penawaran dan surat penagihan. Bagaimana perkembangan surat di Indonesia? Tak dapat dipungkiri, kehadiran penjajah belanda adalah yg pertama kali merintis perkembangan surat dan pengriman melalui pos.

Meski surat memang sdh dikenal sejak zaman Kerajaan Majapahit dan Tarumanegara, kehadiran belanda inilah yg membuat eksistensi Pos dg sangat cepat. Pada masa ini, surat biasa dikirimkan secara langsung melalui utusan dari kerajaan. Diawali tahun 1596, dg kdatangan Cornelis de Houtmanyg membawa surat bagi raja-raja di JakartadanBanten. Pada waktu itu, surat yg beredar hanya ditujukan bagi pejabat resmi dan tidak mengandung pemberitaan ttg kompeni di Indonesia. Kadaan pos pada masa ini masih tergantung kepada kapal pengiriman kompeni yg berlayar dari pulau ke pulau di seluruh wilayah Indonesia. Hingga akhirnya pada tangal 26 Agustus 1746 dibangunlah kantor pos resmi pertama di Jakarta olehGubernur Jenderal G.W. Baron van Inhoff. Tujuan dibangunnya kantor pos ini untuk memfasilitasi dan menjamin keamaaan suarat-surat yg dikirim khususnya bagi mereka yg di luar Pulau Jawa. (Wikipedia). Sejak itulah, kemudian perkembangan pos di Indonesia berkembang dg pesat. Baik dari tarif, keamanan, dan jangkauan surat ke daerah daerah yg terpencil. Kemudian surat biasa juga di gunakan oleh saudagar atau rakyat biasa yg memiliki kekayaan/tanah yg luas. Meraka ini adalah orang yg bukan dari keluarga kerajaan atau pemerintah. Bahkan selanjutnya, perkembangan itu sampai kepada pengiriman surat yg dilakukan oleh rakyat biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar